Kegiatan Desa Mandiri Pangan tahun 2011 diarahkan kepada 6 (enam) Desa Replikasi yang tersebar pada 3 Kecamatan yakni Dusun Tuni, Dusun Mahia, Desa Rumah Tiga, Desa Negeri Lama, Desa Hunuth dan desa Poka. Masing-masing Desa Replikasi mempunyai Dana Bansos (Dana Tugas Pembantuan). Kegiatan – kegiatan mendukung Ketahanan pangan masyarakat merupakan kegiatan lanjutan dan bertahap.

Kegiatan P2KP (Penganekaragaman Konsumsi Pangan terbagi atas 3 (tiga) kegiatan yakni :

  • Pemberdayaan Kelompok Wanita melalui Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan diarahkan pada Kecamatan teluk Ambon terdiri dari 7 Kelompok Dasawisma dan Kecamatan Baguala 3 kelompok Dasawisma masing-masing kelompok mendapatkandana bansos (Dana Tugas Pembantuan).
  • Pengembangan P2KP bagi Siswa SD/MI yang tersebar pada 2 Kecamatan yakni 7 SD/MI pada Kecamatan Teluk Ambon dan 3 SD/MI pada Kecamatan Baguala, dimana Siswa SD/MI mendapatkan 10 Paket KIT berupa modul dan alat peraga pola makan sehat.
  • Pengembangan Usaha Pengolahan Lokal berbasis Tepung-tepungan yang tersebar pada 2 Kecamatan yakni 7 Kelompok pada Kecamatan Teluk Ambon dan 3 Kelompok pada Kecamatan Baguala masing-masing kelompok mendapatkan 1 Mesin Pengolahan Pangan Lokal untuk menjadi Tepung-tepungan.